Lokasi kota-kota besar di Jepang

Dengan luas wilayah sebesar 378,000 km persegi, luas negara Jepang memang hanya seperlima dari luas Indonesia. Tapi bukan berarti jarak dari satu kota besar ke kota besar yang lain semua dekat-dekat. Jika anda ingin merencanakan wisata ke Jepang, mulailah dengan mengecek terlebih dahulu letak kota-kota tujuan anda sehingga rencana perjalanan anda realistis dan anda tidak membuang waktu+biaya saat pindah dari satu kota ke kota lainnya. Kali ini kami ingin menjelaskan pentingnya hal ini untuk kelancaran dan kenyamanan perjalanan anda.

Sebelumnya, mari kita lihat dahulu posisi kota-kota besar di Jepang dengan peta di bawah ini.

japan_map

Berikutnya, sebagai gambaran berikut ini jarak dan waktu tempuh antara kota-kota besar di Jepang beserta perbandingannya dengan jarak antara kota-kota besar di Indonesia

Tokyo – Osaka :
500 km (Jakarta – Semarang), 2.5 jam dengan Shinkansen
Osaka – Kyoto :
50 km (Jakarta – Bogor), 30 menit dengan kereta lokal
Osaka – Hiroshima :
350km (Jogjakarta – Surabaya), 1.5 jam dengan Shinkansen
Osaka – Fukuoka :
500km (Jogjakarta – Semarang), 2.5 jam dengan Shinkansen
Tokyo – Hokkaido (Sapporo) :
900 km (Jakarta – Surabaya), 1.5 jam dengan pesawat terbang

Bayangkan jika tujuan anda Fukuoka atau Nagasaki, tapi anda memilih penerbangan P-P dari Haneda atau Narita. Anda harus menempuh perjalanan sejauh 2000km P-P, selama total 10 jam dengan Shinkansen dengan biaya hampir JPY 50,000.
* Jika anda menggunakan Japan Rail Pass, biaya bisa lebih ditekan, tapi tetap saja anda akan lelah dan kehilangan waktu yang berharga

So, bagaimana caranya supaya tidak melakukan kesalahan ini?

Tentu saja dengan mengecek terlebih dahulu letak tempat wisata yang ingin anda tuju, lalu sesuaikan bandara kedatangan dan kepulangan anda dengan itinerary keinginan anda. Salah satu cara terbaik (dan terfavorit di antara customer kami) untuk menghemat waktu+biaya adalah dengan datang melalui Haneda/Narita, dan pulang melalui Osaka (Kansai International Airport), atau sebaliknya. Dengan begitu, anda tidak perlu menempuh perjalanan Tokyo <> Osaka pulang pergi, cukup satu arah saja.

Satu lagi! Bagi anda yang ingin mengunjungi Hokkaido, anda perlu ingat bahwa selain jauh dari Tokyo dan Osaka, Hokkaido juga sangat luas sehingga jarak antara satu kota tujuan wisata dengan yang lainnya juga berjauhan. Jika anda tidak punya waktu di Jepang lebih dari 10 hari, kami tidak menyarankan merangkap Hokkaido dengan tujuan lain selain Tokyo dan sekitarnya (contoh: Tokyo – Hokkaido – Tokyo – Osaka)

Semoga informasi dari kami ini berguna. Kami tunggu kedatangannya di Jepang! 🙂


Layanan Explore Mikata Japan