Perbandingan Tipe Travel

Saat jalan-jalan ke suatu negara, tidak sedikit turis yang menggunakan jasa tour untuk menghindari repotnya memikirkan waktu, cara dan biaya yang diperlukan untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada.

Demikian pula bila kita mengunjungi Jepang, ada beberapa tipe tour yang bisa kita pilih seperti misalnya :

  • Tour Rombongan,
  • Private Tour dengan Kendaraan Pribadi (Mobil/Bus), atau
  • Private Tour dengan Transportasi Umum.

Untuk membantu teman-teman dalam memilih, di artikel ini Mikata ingin mengurai poin-poin kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tipe tour.

Tour rombongan

Salah satu tipe tour yang paling umum digunakan adalah mengikuti tour rombongan. Jika kita menggunakan jasa ini, kita tidak perlu repot-repot mengatur jadwal dan tujuannya, semuanya sudah di siapkan oleh pihak travel. Dari sisi harga, tipe tour ini umumnya menjadi pilihan yang paling ekonomis karena sesuai dengan prinsip economies of scale, banyaknya anggota rombongan memungkinkan pihak travel untuk menawarkan harga paket inklusif yang lebih murah. Tipe tour ini cocok bagi teman-teman yang mempunyai budget minimal.

Di balik keuntungan-keuntungan di atas, ada beberapa hal yang patut teman-teman pertimbangkan jika ingin menggunakan tour rombongan.

Pertama, karena pihak tour bertanggung jawab atas kegiatan seluruh rombongan, setiap peserta kurang leluasa dalam memilih kegiatan atau mengatur waktu di tempat tujuan. Pihak travel juga tidak dapat meninggalkan peserta yang terlambat atau tidak menepati waktu berkumpul dengan semerta-merta, yang berarti kita harus sabar menunggu sebelum rombongan dapat bergerak ke susunan acara berikutnya. Keterlambatan rombongan dan ketergantungan terhadap peserta lain juga dapat mengakibatkan berubahnya susunan acara atau argumen antara pihak travel dan rombongan.

Teman-teman juga perlu mencermati susunan acara yang dibuat oleh pihak travel karena tidak sedikit paket tour yang memberikan iming2 janji mengenai banyaknya tempat tujuan yg akan di kunjungi, namun secara fakta di lapanganya tidak bisa di kejar semuanya. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh ke Jepang tapi keinginan untuk menikmati tujuan tertentu yang sudah dinanti-nati tidak dapat terpuaskan karena terbatasnya waktu.

Private Tour

Bila teman-teman mempunyai budget yang lebih fleksibel dan ingin lebih leluasa mengatur kegiatan selama di Jepang silahkan melirik ke private tour. Private tour sendiri secara umum terbagi dua jenis, ada yang menggunakan Kendaraan Pribadi atau Transportasi Umum.

Bila menggunakan Kendaraan Pribadi kita tidak perlu repot-repot berganti kendaran dan bisa tidur di kendaraan. Namun, perlu diketahui bahwa di Jepang tempat menurunkan penumpang tidak bisa sembarang tempat, sehingga terkadangan kita masih perlu berjalan sedikit jauh dari tempat turun-naik kendaraan tsb sampai ketempat wisata yg ingin di kunjungi. Selain itu, karena banyaknya persimpangan dan lampu merah pejalanan menggunakan kendaraan akan memakan waktu lebih lama, ditambah kemungkinan terjadinya kemacetan. Secara harga, private tour dengan kendaraan pribadi biasanya akan memakan biaya yang lebih banyak mengingat tingginya biaya parkir, tol dan sewa kendaraan di Jepang.

Nah, kalau teman-teman memilih private tour dengan Transportasi Umum, masalah-masalah yang di hadapi saat menggunakan kendaraan pribadi seperti parkir, kemacetan, dsb akan teratasi dan kita dapat lebih cepat mencapai objek wisata yang ingin dikunjungi. Transportasi umum di Jepang sendiri mempunyai jaringan rute yang cakupannya luas, frekuensi keberangkatan yang cukup tinggi, praktis dan sangat reliable. Keuntungan lain menggunakan transportasi umum di Jepang adalah dekatnya pintu keluar stasiun kereta atau halte bus dari pintu masuk objek wisata sehingga tidak perlu repot mencari-cari atau berjalan jauh setelah turun kendaraan.

Sebaliknya, kekurangan dari berkeliling dengan transportasi umum adalah banyaknya pintu keluar di setiap stasiun, jadi jika kita tidak benar2 mempelajarinya / menggunakan guide kemungkinan bisa nyasar. Selain itu kita juga harus siap berganti2 kereta, dan turun naik tangga. ย Untungnya, saat ini sudah cukup banyak stasiun di Jepang yang menyediakan lift dan escalator yang memudahkan kita. Di dalam kota sendiri sudah umum tersedia area untuk menaruh stroller/kursi roda di dalam gerbong kereta atau bus, dan orang tuapun dapat duduk di area priority seating. Jadi, teman-teman tidak perlu khawatir untuk menggunakan transportasi umum di Jepang karena lebih nyaman dan lebih cepat sampainya.

Jadi, pilih mana?

Menggunakan jasa travel lokal dapat mengurangi kekhawatiran berada di lingkungan dan bahasa yang tidak familiar, dan membantu menjadikan acara jalan-jalan kita di luar negeri lebih menyenangkan dan stress-free. Dari uraian di atas, teman-teman dapat melihat beberapa trade-off antara kepraktisan, utilisasi waktu, dan biaya dari tiap jenis tour, dan memilih tipe tour yang paling sesuai dengan kebutuhan anda. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan membantu perencanaan trip teman-teman ke Jepang.


Layanan Explore Mikata Japan